23 Nov 2013

Tips Dalam Mempelajari Kata dan Mengutip Ayat Alkitab

Tulisan ini tentang tips dalam mempelajari kata-kata firman dan mengutip ayat-ayat alkitab. Sebenarnya kurang tepat kalau dibilang tips karena disampaikan oleh seorang yang awam seperti saya. Mungkin "berbagi" adalah kata yang lebih tepat. Yaitu berbagi kata-kata yang bersumber dari Tuhan...

Sebelumnya perlu kita pahami bahwa saat kita membuka dan membaca Alkitab, sesungguhnya kita sedang mendengarkan buah pikiran orang-orang suci yang menjadi juru bicara dari Allah (atau Firman itu sendiri). Jadi kita sedang mendengar Tuhan berbicara / bertutur-kata secara personal kepada kita. Dengan membuka hati kita akan bisa memahami apa yang sebenar-benarnya dimaksud oleh Tuhan.


Berikut adalah tips dalam mengkaji kata-kata dalam Alkitab dan mengutipnya.

- Berdoa
Awali dengan doa, sepatah-dua patah kata memohon agar Yesus menunjukkan apa yang benar. Apa yang baik. Dengan bimbingan-Nya , hati kita akan bisa terbuka saat mendengarkan kata-kata Tuhan.

- "Baca" dengan hati.
Pikiran membuka jalan, tetapi yang mendengarkan dan menjadi tujuan akhir dari kata-kata Tuhan adalah hati kita. Biarkan hati kita lepas dan jujur dalam mendengarkan kata-kata sabda Allah.

- Lihat konteksnya secara keseluruhan.
Kita harus memahami apa yang hendak disampaikan oleh sebuah perikop secara keseluruhan. Mengutip sebagian kata dengan memisahkannya dari konteks keseluruhan ayat alkitab tentu tidak bisa dibenarkan dan kita akan rawan terjerumus dalam apa yang disebut salah tafsir (baca= kutipan asal kutip). Hindari juga membaca dan mengutip sebatas pada kata / ayat alkitab yang kita sukai saja.

- Pilih Waktu yang Tepat
Pilihlah waktu yang tepat dalam membaca alkitab. Terlihat sepele tetapi penting. Pastikan kondisi tubuh kita tidak sedang lelah, capek, atau mengantuk. Intinya lebih ke menerima kata-kata Tuhan dalam kondisi yang siap. Baik jasmani maupun rohani.

- Persiapkan Iman.
Persiapkan hati dengan iman yang cukup. Mengimani ayat alkitab dan kebenaran alkitab akan mempermudah masuknya firman Allah ke hidup kita. Kita membuka pintu lebar-lebar karena kita tahu kita mengundang Yesus dan berharap Dia masuk ke kehidupan kita.

- Perhatikan Tata Bahasa.
Bila mengutip, pastikan bahwa kita mengutip firman dengan benar. Penerjemah Alkitab adalah sekelompok orang yang telah diberkati Tuhan, sehingga setiap kata, bahkan titik dan koma adalah hasil dari campur tangan Tuhan sendiri. Jadi sekali lagi, sebaiknya kita berhati-hati dalam mengutip kata-kata firman Tuhan dari Alkitab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar